11 Cara Mendidik Anak Balita Agar Cepat Cerdas

11 Cara Mendidik Anak Balita Agar Cepat Cerdas

11 Cara Mendidik Anak Balita – Mempunyai seorang balita atau bayi dibawah usia lima tahun merupakan masa yang paling menggemaskan dan membahagiakan bagi para orang tua.

Pada usia balita ini dia sedang mengalami krisis pengenalan lingkungan, dimana seorang balita sedang mencoba mengenal apa yang harus dilakukan olehnya dan bagaimana menghadapi lingkungan atau teman disekitarnya.

Tak jarang banyak orang tua yang memanjakan anaknya sehingga menyebabkan balita menjadi dewasa dengan kurang tepat. Mendidik anak usia balita tidaklah mudah, selain karena balita masih meniru dan masih kebingunan untuk membedakan benar dan salah.

Mendidik anak balita harus penuh dengan kesabaran dan kasih sayang berikut cara mendidik anak balita :

Membacakan Cerita

Dengan mengenalkan dan membiasakannnya anak untuk membaca dapat membuat anak belajar menyukai buku. Disamping itu juga akan menambah perbendaharaan kosa kata yang dimiliki oleh anak.

Belajar Sambil Bermain

Hal ini akan dapat lebih mudah untuk dimengerti oleh anak balita, karena sejatinya bermain merupakan hal alamiah bagi mereka.

Misalnya dengan mengenalkan huruf abjad yang bisa disimpan di kamar mandi setiap kali mandi, atau menempelkannya di tempat yang biasa dilihat oleh anak. Anak balita akan berpendapat bahwa belajar bukanlah hal yang membosankan.

Jaga Kesehatan Balita

Dengan menjaga kesehatan anak balita akan mengajarkan bagaimana untuk hidup yang baik misalnya dengan berolahraga, menjaga kebersihan dan beri makanan yang sehat dan gizi yang terpenuhi.

Batasi Televisi

Cara mendidik anak balita selanjutnya adalah membatasi menonton TV. Dengan banyak menontot TV akan memberikan pengaruh yang buruk bagi anak. Anda dapat memberikan jadwal untuk menonton TV misalnya selama 2 jam dalam sehari

Jadi Sahabatnya

Dengan menjadikan anak sebagai sahabat anak tidak akan ragu untuk menuangkan permasalahan, dan hendaknya jangan bersikap menggurui. Jadilah orang tua sebagai tempat curhat yang dirasa nyaman oleh anak.

Kenalkan Alam

Alam akan mampu membuat anak merasa segar sehingga akan mampu meningkatkan fungsi otak. Selain itu juga akan meningkatkan konsentrasi, dan memori anak. Anda bisa mebiarkan anak-anak bermain di alam sedikitnya selama 20 menit dalam sehari.

Kenalkan Kemandirian

Cara mendidik anak balita selanjutnya dengan cara mengenalkan kemandirian sejak kecil karena menjadikan anak yang manja akan menyulitkan anda di masa mendatang. Anak akan ketergantungan terhadap Anda dan tidak bisa lepas.

Membedakan antara memberikan kasih sayang dan dimanja. Memberikan kasih sayang maka mengenalkan hal yang penting untuk kebaikan anak anda, sedangkan manja Anda selalu memenuhi apa keinginannya.

Konsisten

Melakukan pengulangan berarti anda konsisten terhadap apa yang anda lakukan dan ajarkan pada mereka. Hindari bersikap plimplan karena akan membuat anak ragu dan mencari celah untuk berontak.

Ikut Bermain

Saat anak Anda main, hendaknya Anda bisa menemani dan ikut bermain bersamanya. Dengan ikut bermain Anda bisa sekaligug mengajarkan cara bermain dengan benar shingga Anak bisa belajar dengan cepat.

Berikan Penghargaan Dibanding Larangan

Hadiah atau penghargaan akan banyak disukai oleh Anak dibandingkan dengan larangan yang Anda berikan. Denga memberikan larangan justru akan membuat anak semakin penasaran dan akan tetap melakukan hal yang dilarang oleh Anda.

Agama

Agama merupakan salah satu pondasi paling utama yang harus dikenalkan pada anak balita Anda. Anda bisa mengajarkan hal yang sederhana terlebih dahulu misalnya mengajarkan doa-doa, surat-surat pendek, dan bisa mengenalkan cara beribadah.

Itulah cara mendidik anak balita, semoga dengan mengetahui cara mendidik anak balita bisa anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang baik dan seimbang antara fisik maupun psikisnya.

Tinggalkan Balasan