5 Cara Riset Keyword dengan Tool Gratisan Paling Ampuh

keyword research

5 Cara Riset Keyword dengan Tool Gratisan – Keyword merupakan kunci utama supaya konten Anda bisa dibaca oleh banyak pengguna internet. Maka dari itu sebagian besar pemilik website maupun blog melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat kontennya.

Dalam melakukan riset ada banyak cara yang mudah dilakukan mulai dengan tool gratisan hingga yang premium. Jika Anda tidak mau mengeluarkan modal bisa mencoba cara riset keyword dengan tool gratisan. Hasilnya tidak kalah akurat dengan keyword tool premium.

Keywordtool.io

Pertama Anda bisa gunakan Keywordtool.io untuk meriset keyword. Alat gratisan ini terbilang paling banyak digunakan, apalagi bagi Anda yang mencari long tail keyword untuk keperluan SEO yang rendah tingkat persaingannya. Sehingga website Anda ada peluang untuk menduduki peringkat satu di mesin pencari.

Tool ini tidak hanya bisa digunakan untuk riset kata kunci Google tapi juga bisa untuk YouTube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan lain sebagainya.

Caranya Anda tinggal masukkan tema konten yang ingin Anda buat di kolom search pada tool tersebut. Jangan lupa untuk memilih mesin pencari yang ingin Anda pakai untuk memuat konten Anda.

Wordtracker

Ada juga Wordtracker, tool gratisan ini juga tidak kalah bagusnya dengan Keywordtool.io. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan menggunakan alat riset keyword yang satu ini. Sebab alat ini bukan hanya bisa digunakan untuk SEO tools saja akan tetapi merangkap sebagai market research tool.

Tidak hanya itu, Wordtracker juga bisa dijadikan alat riset keyword untuk keyword tool youtube, eBay, dan juga Amazon selain untuk riset keyword Google.

Cara risetnya sangat mudah, Anda juga tinggal masukkan topik konten yang ingin digarap pada kolom riset yang sudah tersedia, kemudian tekan search, keyword yang relavan akan muncul sesuai dengan keyword di mesin pencari pilihan Anda.

Google Keyword Planner

Tool ini juga termasuk alat riset keyword gratisan yang bisa Anda jadikan alternatif selain dua alat di atas. Alat bantu research ini memudahkan Anda saat ingin riset kata kunci untuk memasang iklan di Google AdWords.

Keunggulan dariĀ  Google adwords keyword tool ini tidak hanya karena gratis dan bisa digunakan untuk keperluan Adword akan tetapi bisa dipakai dalam reseach keyword lainnya.

Tool ini juga termasuk alat bantu riset keyword yang paling sering digunakan sebab diklaim hubungannya dengan Google sangat erat. Sehinhga kemungkinan bisa mendapatkan keyword yang tepat cukup besar.

Caranya juga tidak jauh beda dengan cara riset keyword dengan tool gratisan lainnya, sehingga Anda tidak perlu bingung bagaimana untuk mendapatkan keyword yang tepat di sana.

Ubersuggest

Alat riset keyword rekomendasi keempat ini juga cukup populer dan bisa digunakan secara gratis juga. Menggunakan tool ini Anda tidak hanya bisa mendapatkan fitur riset kata kunci tapi Anda juga bisa overview performa domain, rekomendasi keyword, ide-ide konten dan fitur-fitur lainnya.

Ubersuggest dirancang sangat user friendly sehingga Anda bisa memahami cara riset keyword menggunakan tool ini dengan cepat. Anda hanya tinggal memasukkan topik konten yang ingin dibuat pada kolom riset keyword dan mengubah negara pada ikon bendera.

Google

Google juga keyword tool gratis rekomendasi terakhir dari kami. Cara riset kata kunci dengan tool ini sangat mudah. Seperti yang sudah kita sadari bersama google sudah sering kita gunakan sebagai media dalam mencari informasi. Tapi untuk riset keyword dengan google memang harus pada guest window atau mode incognito.

Nah, itulah pembaca 5 cara riset keyword dengan tool gratisan yang bisa Anda coba. Dengan begitu Anda bisa membuat BLOG yang berkualitas dan bertrafik.