8 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun, Tanamkan Karakter Positifnya

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

8 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun, Tanamkan Karakter Positifnya – Bunda mungkin merasakan perbedaan bagaimana mengasuh anak ketika masih bayi dan sekarang yang sudah menginjak 2 tahun. Anak yang masih bayi mungkin lebih bisa bunda gendong dan meredakan tangisnya.

Cara mendidik anak usia 2 tahun tentu memang berbeda seperti yang bunda rasakan sekarang, mereka cenderung melakukan eksperiman yang mungkin bisa membuat bunda kelimpungan dengan hal-hal aneh yang si kecil lakukan bahkan mungkin seringkali membuat bunda marah dan kesal.

Di usi ini anak memang sedang mengalami perkembangan yang pesat, baik pertumbuhan fisiknya, kognitif, bahasa, motorik, sensorik bahkan emosional. Ini kesempatan bunda untuk menanamkan karakter positifnya. Tanggapi semua eksperiman mereka dengan baik.

Bunda bisa melakukan cara di bawah ini untuk mendidik sekecil menjadi anak yang cerdas dan berkarakter positif:

Tunjukkan Kasih Sayang

Sikapi Si Kecil dengan lemah lembut, berikan ia kasih sayang. Misalnya ciuman, pelukan, dan kata-kata sayang. Hal ini akan membuat anak bunda merasakan berartinya memiliki orang tua.

Pancing Kreativitasnya

Tunjukkan sesuatu atau benda-benda di sekitar Si Kecil. Biarkan dia mengambil sesuatu yang Anda tunjukkan. Biarkan anak bunda melakukan eksperiman. Jika yang mereka lakukan terhadap benda itu salah, berikan arahan dengan lemah lembut. Misalnya, bunda berikan bola si anak bola kemudian ia makan, maka bunda jangan membiarkan tindakan anak yang salah tersebut, katakan bahwa bola itu ditendang bukan dimakan.

Ajarkan Sopan Santun dan Etika

Untuk menamkan sikap sopan santun dan etika anak, bunda tinggal memulainya dengan cara-cara sederhana. Misalnya, dengan cara mengajaknya berdoa sebelum makan, mengucapkan terimakasih, atau menyuruhnya saliman, baik itu saliman ke bunda atau teman-teman bunda ketika berjumpa.

Bersikap Tegas

Sikapi si kecil dengan tegas. Jika hal yang dilakukan anak salah tegaskan bahwa itu salah, jangan karena ia menangis bunda malah luluh dengan membiarkan si anak melakukan hal-hal yang salah. Jika Anda biarkan anak melakukan kesalahan, anak akan sering mencari celah untuk membuat kesalahan itu berulang-ulang bahkan hingga ia dewasa. Bersikap tegas merupakan salah satu cara mendidik anak usia 2 tahun untuk mencetak karakter yang baik si kecil.

Ajarkan Berpendapat

Cara untuk mengajarkan anak berpendapat adalah dengan cara bunda sering mengajaknya ngobrol. Ketika si anak sudah sering menyimak kata-kata Anda, kosa kata mereka akan semakin berkembang. Si anak dengan sendirinya pasti akan berpendapat dengan kosa kata yang mereka kuasai. Ringannya, bisa Anda tanyakan sebab akibat suatu kejadian untuk memancingnya berpendapat.

Biasakan Tidur dan Bangun Tepat Waktu

Bentuk jam biologis anak dengan mengajarkan ia tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu, karena hal ini mampu membentuk kedisiplinan.

Jangan Membohongi Anak

Bunda, tidak boleh sering membohongi si kecil walaupun itu adalah hal-hal yang kecil. Karena ketika anak tau bahwa bunda berbohong ia kesal dan tidak akan percaya lagi sama perkataan bunda bahkan si kecil meniru kebohongan bunda hingga dewasa nanti. Miris kan?

Jangan Menakuti Anak

Menakuti anak mungkin merupakan hal yang paling sering bunda lakukan ketika si kecil rewel. Menakut-nakuti dengan membawanya ke ruang yang gelap atau menakut-nakutinya dengan keberadaan seseorang. Jika hal ini bunda lakukan, anak akan mengalami kerusakan mental. Bila ini terjadi pada anak bunda, ia akan terus menjadi penakut hingga dewasa. Bunda tidak mau kan?

Nah, inilah bunda cara mendidik anak usia 2 tahun yang paling efektif untuk menanamkan karakter-karater positif pada diri anak bunda. Selamat mencoba bunda…

Tinggalkan Balasan