8 Cara Tradisional Mengusir Tikus di Rumah

Cara Tradisional Mengusir Tikus di Rumah

Cara Tradisional Mengusir Tikus di Rumah – Tikus dianggap sebagai hewan yang kotor dan jorok. Hal itu dikarenakan tikus suka merusak, memakan, serta mengotori seisi rumah. Selain memakan makanan yang ada di meja, hewan ini juga sering memakan kabel, sabun, pakaian, dan berbagai barang lainnya.

Tak heran jika keberadaan tikus sangat mengganggu dan tidak diharapkan, terlebih jika hewan-hewan itu telah bersarang di rumah. Kondisi tersebut tentunya akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir tikus dari dalam rumah.

Di bawah ini ada beberapa cara ampuh mengusir tikus di rumah dengan menggunakan bahan alami:

Menggunakan Lada Bubuk

Lada bubuk mengandung senyawa piperin yang sangat menyengat sehingga membuat tikus terganggu dan pergi. Untuk mengusir tikus dengan lada bubuk, Anda cukup menaburkan lada bubuk di tempat persembunyian tikus maupun tempat yang sering dilewati hewan tersebut.

Menggunakan Irisan Bawang

Irisan bawang merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk mengusir tikus. Tikus tidak menyukai aroma bawang dan menganggap baunya sangat menjijikkan.

Anda bisa menaruh irisan bawang pada tempat yang sering didatangi tikus atau tempat persembunyiannya. Cara tradisional mengusir tikus ini diyakini ampuh dan membuat tikus tidak betah tinggal di sana berlama-lama

Minyak Peppermint

Minyak peppermint bisa digunakan untuk mengusir tikus dikarenakan baunya yang menyengat tidak disukai oleh hewan pengerat tersebut. Anda cukup mencelupkan beberapa bola kapas ke dala. minyak peppermint, lalu letakkan pada daerah rawan tikus.

Memanfaatkan Kulit Telur

Selain menggunakan racun, Anda bisa mengusir tikur di rumah menggunakan kulit telur. Yang perlu Anda lakukan adalah menghaluskan kulit telur hingga menjadi bubuk, lalu taburkan pada tempat yang sering dilewati oleh tikus.

Kulit Buah Durian

Selain rasanya yang manis, kulit buah yang memiliki aroma khas ini juga bermanfaat dalam mengusir tikus atau pun hewan pengerat lainnya di rumah. Potong-potong kulit durian, lalu letakkan pada area yang sering dilewati hewan kotor tersebut. Selain durinya yang tajam, aroma menyengat dari buah ini terbukti ampuh untuk mengusir tikus di rumah.

Bubuk atau Saus Cabai Dicampur Deterjen dan Air

Cara tradisional mengusir tikus yang keenam yaitu dengan menggunakan saus cabai yang dicampur dengan deterjen dan air. Letakkan campuran tersebut di dalam botol semprotan, lalu semprot saat tikus muncul. Cairan tersebut sangat efektif untuk mengusir tikus karena membuat tikus merasa panas dan lari.

Baking Soda

Baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir tikus. Anda cukup mencampurkan baking soda ke makanan yang sering diincar tikus.

Setelah memakan makanan tersebut, badan tikus akan menggembung karena tidak dapat mengeluarkan gas yang dihasilkan oleh soda.

Tikus tersebut tidak akan langsung mati di tempat, tetapi hewan-hewan itu akan lari ke ruang terbuka. Kemudian, akan mati akibat menahan gas.

Daun Mint

Cara terakhir untuk mengusir tikus secara aman dan alami yaitu dengan penggunaan daun mint. Aroma daun mint yang tajam akan membuat tikus tidak tahan ketika menciumnya. Hewan-hewan itu kemudian akan mabuk hingga terkulai lemas.

Cara menggunakan daun mint untuk mengusir tikus yaitu dengan mengambil sari daun mint ketika dilarutkan di dalam air. Kemudian, semprotkan cairan mint pada tempat yang sering dilewati oleh tikus.

Tapi kalau Anda mau yang pasti dan tinggal terima beres saja, saya sarankan gunakan jasa pest control surabaya yang sudah terbukti terpercaya dalam mengusir hama didalam rumah dan lingkungan.

Itulah beberapa cara tradisional mengusir tikus yang bersarang di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan