Cara Mengatasi Anak 2 Tahun Belum Bisa Bicara

Cara Mengatasi Anak 2 Tahun Belum Bisa Bicara

Cara Mengatasi Anak 2 Tahun Belum Bisa Bicara – Keterlambatan bicara pada anak sudah sering kita jumpai, tidak hanya satu dua orang anak, ada beberapa orang tua yang memiliki anaknya dengan permasalahan yang sama.

Saat anak Anda memasuki umur 2 tahun menjadi sebuah kekhawatiran apabila pada usia tersebut belum bisa berbicara. Dilihat dari perkermbangan bicara anak, seharusnya anak usia 2-3 tahun sudah bisa mengucapkan kata yang bisa dimengerti.

Selain itu juga pada umur 2 tahun Anak biasanya bisa membuat kalimat yang pendek, bernyanyi, menyebutkan benda yang dilihatnya dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang mempunyai anak belum bisa bicara berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak 2 tahun belum bisa bicara:

Mengamati Perilaku Anak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati perilaku anak Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan beberapa hal yang harus dicoba misalnya saat Anda memanggil namanya apa anak Anda menoleh?

Atau apakah anak Anda melihat ke mata Anda saat berbicara? Saat Anda mencoba berkomunikasi dengannya apakah dia meresponnya? Walaupun dengan sebuah gumaman.

Lebih Intens Berkomunikasi

Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk berkomunikasi saat mengerjakan rutinitas harian, misalnya saat Anda memandikan si kecil bisa sambil di ajak bicara, membahas mengenai sabun, atau sampo yang dipakai atau hal lainnya yang bisa dimengerti.

Anda juga harus memperhatikan saat berkomunikasi dengan anak seperti berbicara dengan perlahan, tidak terlalu cepat agar anak bisa menangkap ucapan yang Anda sampaikan. Anda juga bisa menatap matanya saat berbicara sambil mengusap kepala atau punggungnya agar anak merasa kalau Anda fokus kepadanya.

Bernyanyi Bersama

Anak umur 2 tahun biasanya senang untuk bernyanyi dan menari, dengan lirik yang berirama pada sebuah lagu bisa membantu anak 2 tahun belum bisa bicara untuk latihan berbicara

Cara ini sangat menyenangkan untuk buah hati, Anda bisa mengajaknya bernyanyi sambil bertepuk tangan atau sambil menari.

Membaca Buku

Umur 2 tahun merupakan umur yang tepat bagi Anda mengenalkannya pada buku, dengan membacakannya buku anak akan mendapatkan lebih banyak kosakata yang dimilikinya.

Membaca buku juga bisa melatih keterampilan motorik anak Anda, si kecil akan terbiasa membalikan halaman buku kemudian Anda membacanya

Pada buku cerita Anda juga bisa sambil mengenalkan beberapa warna dan bisa melihat beberapa bentuk.

Bertemu dengan Teman Sebaya

Anda bisa mengajak anak 2 tahun belum bisa bicara untuk bertemu dengan teman sebayanya, misalnya pada acara ulang tahun, saat bermain di taman atau dimana saja. Anak Anda akan berhadapan dengan teman sebayanya dan harus mengungkapkan apa yang diinginkannya dengan kata-kata. Hal ini tentu saja bisa menstimulisasai perkembangan berbicara pada anak.

Lebih Banyak Bersabar

Melatih anak untuk berbicara harus mempunyai kesabaran yang luas, saat berbicara dengan anak usahakan jangan berburu-buru, Anda bisa mengajak bicara sekaligus mengajarinya berbicara dengan perlahan-lahan.

Anda juga tidak perlu kecewa jika anak diajak bicara belum jelas menjawabnya. Semua anak akan mengalami fase ini dan Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu lebih banyak waktu utnuk mencobanya dengan anak, jangan lupa untuk melibatknya ayahnya.

Itulah hal yang perlu Anda lakukan apabila anak 2 tahun belum bisa bicara. Segera konsultasikan ke Dokter spesialis atau ke klinik tumbuh kembang apanila anak Anda belum ada kemajuan untuk mendapatkan penanganan yang lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan